Mini Computer : Evolusi si kecil dengan sejuta manfaat

3:50 AM 0 Comments A + a -



Mendengar kata minicomputer mungkin yang terbayang difikiran anda adalah sebuah komputer yang memiliki ukuran yang  relatif lebih kecil dari PC (personal computer),  memiliki kemampuan yang sangat terbatas, lambat dalam pemprosesan data serta tidak dapat menjalankan program komputer yang memiliki kebutuhan grafis seperti pada PC standar. 

Apa yang ada dalam fikiran anda tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak pula salah. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat, saat ini telah hadir berbagai minicomputer yang memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat dibanding dengan PC. Sebut saja Raspberry Pi yang merupakan sebuah minicomputer seukuran kartu ATM yang memiliki video output HDMI yang mampu menampilkan gambar dengan resolusi tinggi (hingga 1920x1200). Belum lagi kemampuan ARM processor-nya yang dapat digenjot hingga menyentuh angka 1Ghz. Dengan kemampuan tersebut Raspberry Pi sudah dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam program standar yang biasa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.





Tidak hanya Raspberry Pi, masih terdapat beberapa minicomputer lain yang cukup populer dikalangan  computer geeks seperti CubieBoard yang memiliki memory lebih besar dari Raspberry Pi serta telah dilengkapi dengan port HDMI dan port SATA yang memungkinkan anda untuk menjalankan grafis ber-resolusi tinggi serta pembacaan ke hard drive dengan waktu yang lebih cepat. Selain itu masih ada Zero Device Z2C, VIA ARMTiGo A800, DART 4460 yang kesemuanya memiliki ukuran yang sangat kecil dan dilengkapi dengan processor berjenis ARM sehingga dapat menjalankan berbagai sistem operasi keluarga Linux seperti Raspbian, Arch Linux ARM, Puppy Linux, Slackware ARM bahkan sistem operasi untuk smartphone seperti Android 4.0 dan FirefoxOS juga dapat dijalankan dengan sempurna pada minicomputer tersebut.

Penggunaan
Minicomputer pada dasarnya merupakan sebuah komputer mini yang memiliki kemampuan layaknya komputer pada umumnya. Dengan menggunakan minicomputer, semua egiatan dan aktifitas yang dilakukan pada komputer desktop maupun laptop seperti browsing, memutar film, membuat dan mengedit dokumen juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan minicomputer. Sedangkan untuk menjalankan tugas-tugas yang berat seperti editing video dan rendering gambar tentu saja tidak dapat dilakukan dengan menggunakan minicomputer. Hal ini disebabkan karena terbatasnya kecepatan prosesor serta memory sehingga untuk tugas-tugas berat tersebut tidak mungkin dapat dilakukan dengan menggunakan minicomputer.

Di kalangan komunitas, banyak yang menggunakan minicomputer tidak hanya sebatas untuk membantu pekerjaan rutin sehari-hari. Orang-orang kreatif tersebut melakukan modifikasi sedemikian rupa pada minicomputer yang mereka miliki hingga banyak menghasilkan karya yang luar biasa dengan bermodalkan komputer kecil tersebut. Berikut penulis berikan beberapa contoh penggunaan minicomputer untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Super Komputer
Demi menarik perhatian anaknya di bidang teknologi informasi,  Simon Cox seorang profesor dari University Of Southhamton berhasil mengajak anaknya yang berusia  enam tahun untuk berkreasi dan menciptakan sebuah super komputer dengan menggunakan 64 unit Raspberry Pi  dan Lego yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah super komputer yang memiliki kemampuan pemprosesan data sangat cepat. 





LapPi –  Raspberry Pi Netbook
Berawal dari rusaknya netbook yang dimilikinya, Jimmy seorang pencinta teknologi yang berasal dari Inggris berhasil menyulap satu unit Raspberry Pi yang dimilikinya menjadi sebuah netbook. Dengan menggunakan berbagai material yang tersedia digudang milikinya, Jimmy merangkai berbagai bahan tersebut dan juga melengkapi bahan-bahan lain yang dibutuhkan sehingga terciptalah sebuah netbook berbahan dasar Raspberry Pi dari tangan kreatifnya






Pandora Box – Internet Radio Player
Ayy seorang user di situs instructables berhasil menciptakan sebuah internet radio player dengan memanfaatkan Raspberry Pi. User tersebut menambahkan beberapa push button dan breadborad yang kemudian dihubungkan ke Raspberry Pi via port GPIO hingga terciptalah sebuah internet radio player yang portable dari tangan kreatifnya.
 
Dan masih banyak lagi contoh pemanfaatan minicomputer yang banyak dilakukan oleh para pecinta teknologi menjadi sebuah hasil karya yang tidak pernah terfikirkan sebelumnya seperti pemanfaatan minicomputer sebagai Media Center, Personal Web Server, Wireless Router, Home Automation, pemantau suhu dan lain-lain yang kesemuanya itu dihasilkan dari sebuah minicomputer.