Rodex.3x6 - Final Release

5:44 PM 0 Comments A + a -



Yak, sebenernya ini robot udah release beberapa bulan yang lalu, tapi karena kesibukan didunia nyata jadinya baru sempet share skarang. Sorry yah prend ^_^.

Rodex.3x6 merupakan nama yang saya berikan untuk robot ini. Rodex itu merupakan singkatan kata dari Robot Gedex. Kenapa robot gedex? ya karena di robot ini terdapat ultrasonic range sensor yang berfungsi sebagai indra pengelihatan dia yang selalu bergerak dari kiri ke kanan untuk mengetahui apakah ada benda didepannya.


Rodex.3x6 merupakan jenis robot obstacle yang memiliki kecerdasan buatan yang ditanam dalam tubuh robot tersebut. Kecerdasan buatan dirobot ini memungkinkan robot untuk menghindari berbagai rintangan yang ada di depannya. Pendeteksian rintangan tersebut memanfaatkan ultrasonic range sensor yang secara terus menerus memeriksa berbagai halangan yang terdapat di sekitar robot.

Apabila sensor menemukan rintangan disekitar robot, maka robot akan menghentikan pergerakannya, kemudan berbelok kekanan atau kiri sehingga rintangan tersebut berhasil di hindari.

Cara kerja kerja robot ini adalah sebagai berikut :
  1. Bergerak maju kedepan
  2. Baca input dari ultrasonic range sensor untuk mengetahui rintangan yang ada di depannya
  3. Apabila tidak terdapat rintangan robot akan terus maju kedepan
  4. Tapi apabila dari hasil pembacaan sensor terdapat rintangan, maka robot akan berhenti, dan kemudian berbelok ke kanan
  5. dan terus menerus looping dengan kondisi seperti demikian
Cukup simple kan. ^_^

Berikut saya berikan video demonstrasi dari pergerakan Rodex.3x6.


Demikian sharing dari saya, semoga akan membuat teman-teman semua semakin semangat untuk belajar robotika. ^_^