Mengenal Arduino

12:59 AM 0 Comments A + a -





Menurut Arduino.cc arduino merupakan platform prototipe elektronik open-source, yang berdasarkan perangkat keras dan lunak yang fleksibel dan mudah digunakan. Arduino diperuntukkan bagi seniman, desainer, hobiis dan siapa pun yang tertarik untuk membuat obyek atau lingkugan yang interaktif.

Secara fisik, Arduino merupakan perangkat keras berbentuk rangkaian elektronik dengan ukuran yang kecil dengan berfungsi sebagai kontroler yang di desain sedemikian rupa sehingga dapat dihubungkan dengan berbagai macam sensor yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang keadaan suatu obyek atau lingkungan disekitarnya. Informasi tersebut kemudian dapat diolah sedemikian rupa hingga dapat menghasilkan informasi yang di inginkan.

Open-source? Benar, Arduino adalah perangkat keras yang open-source. Artinya, segala hal yang berkaitan dengan Arduino dapat di akses oleh semua orang, mulai dari rangkaian skematik elektronik-nya, desain pcb-nya dan daftar komponen yang digunakan tersedia bebas untuk dipergunakan oleh siapa saja. Tentu saja ada aturan yang harus ditaati dalam kaitannya dengan perangkat keras open-source ini. Salah satunya, anda wajib menyediakan semua hal yang berkaitan dengan board buatan anda tersebut untuk dapat dipergunakan oleh orang lain. Ini memang salah satu ide dasar dari maraknya gerakan open-source.

Berikut saya berikan link mengenai penggunaan arduino dalam berbagai project yang sangat menarik


Lalu dimana anda bisa mendapatkan arduino?

Anda dapat mendapatkan arduino pada toko robotika seperti tokoservo.com, amosastudio.com dan tentu saja di FJB kaskus. Selamat ber-eksperiment ^_^